8.4.11

Akibat Kekurangan Kalium

Created by Sabila Adinta Bidari at 10:34 AM
Hai kalian semuanya! Aku tahu, pasti diantara kalian yang lagi baca blog-ku ini, pasti ada yang gak suka makan sayur dan buah.
nih, dengerin nih cerita aku..
Gak suka makan sayur dan buah itu banyak effectnya loh. salah satunya itu ya kekurangan kalium. cerita ini menimpa kakak sepupuku yang bernama Fariz Fadli. Dia itu sekarang duduk dibangku kelas 1 SMA di SMAN 8 Bekasi.
Jadi waktu itu kan ada lomba futsal didekat rumahnya. dia disuruh ikut untuk lomba itu. setelah ikut lomba futsal, dia berangkat ke sekolahnya karna ada suatu hal tertentu. maklum, dia itu anak Osis, jadinya sibuk mulu. Setelah pulang dari sekolah, waktu dia mau nyetandarin motornya itu, dia jatuh. dia gak mampu nyetandarin motornya itu. gak tau kenapa, dia lemah banget buat berdiri.
akhirnya Bundaku, em sebenernya dia itu kakaknya mamaku, tapi aku manggilnya bunda. Bunda ini mamanya si Abang Fariz. Bundaku dengan susah payah menuntun Abang Fariz menuju ke kamarnya dan membaringkannya di tempat tidur. awalnya ia fikir Abang Fariz kecapekan, karena habis futsal dan pergi kesekolahnya. Jadi bundaku hanya mengoleskan kakinya dengan balsem saja.
Ke esokkan harinya, Abang Fariz gak bisa ngegerakkin kedua kakinya sama sekali. yang ia lakukan hanya terbaring lemah diatas tempat tidurnya. Kedua kakinya mati rasa semua, dia gak bisa mengangkat kakinya, dia hanya bisa menggerakkan kakinya mulai dari mata kaki sampai jarinya saja. Bundaku kebingungan, sekaligus panik. akhirnya saat sore harinya bundaku memberi tahu Mamaku tentang hal ini.
Mamaku setelah mengetahui hal ini langsung pergi menuju kerumah Bundaku. rumahnya dekat sih, cuma beda 1 gang saja dari rumahku. mamaku kaget sekali waktu melihat keadaan Abang Fariz yang begitu lemah seperti itu. Mamaku langsung saja menelpon papaku tentang kejadian ini, dan menelpon para kakaknya yang lain. Setelah itu Mamaku juga menelpon saudara-saudaraku yang bekerja sebagai dokter.
Akhirnya mamaku minta bantuan para tetangga untuk membawa abang Fariz ke dokter Rinjani didekat rumahku. Dokter Rinjani ini Ibunya teman aku, Rizka Vidya. Saat tiba dirumahnya Vidya, Dokter Rinjani mengatakan bahwa Abang fariz harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan infus. Setelah dari Dokter Rinjani, Abang Fariz dibawa kembali kerumahku.
Abang Fariz dibaringkan di soffa ruang keluarga rumahku. Aku begitu kaget melihatnya, ia benar-benar seperti orang lumpuh. Kedua kakinya tidak bisa bergerak, selain itu ia juga tidak mampu bangkit untuk duduk. Kedua tangannya juga sudah mulai lemah. Mamaku dan para tetangga yang telah menolong sedang menunggu kedatangan papaku untuk membawa Abang Fariz ke rumah sakit Haji Pondok Gede bekasi.
Untung saja aku punya tetangga yang sudah dekat sekali dengan keluargaku, aku memanggilnya Bunda (bunda lagi-_-) dia ini bekerja di laboratorium Rs.Haji. makanya kami sedikit terbantu olehnya :D
Kasihan sekali Abang Fariz. Ia dirawat kurang lebih sudah 4 hari. Ternyata ia kekurangan kalium (kalium bukan kalsium) hal inilah yang membuat syarafnya lemah. Kata Dokternya, kalau Abang Fariz telat dibawa ke Rs, bisa-bisa dia beneran lumpuh! Astagaaaaaaa! Jangan sampe yaAllah. Alhamdulillah kami tidak telat membawanya :D
Setelah pemeriksaan yang lebih lanjut, ternyata kekurangan kalium ini disebabkan oleh Bundaku sendiri. Waktu bundaku mengandung, ia kurang mengkonsumsi sayur dan buah-buahan sehingga janinnya lemah dan mengalami kekurangan kalium. Jadi, yaa, kali ini kasusnya sih faktor genetik. Kalau faktor genetik, pasti kasus ini aku berulang lagi seumur hidupnya. Kurang lebih 1 tahun sekali ia akan mengalami hal ini.
Kalian tau Adjie massaid? Dia juga begini loh kasusnya. Ia kekurangan kalium sehingga anggota tubuhnya tidak bisa digerakkan. Tetapi karna ia shock dengan tubuhnya yang tidak bisa bergerak, akhirnya shocknya itu menyerang jantung. Makanya ia mengalami serangan jantung dan meninggal dunia. Abang fariz juga sebenarnya bisa saja seperti itu, tapi alhamdulillah itu tidak terjadi J
Sekarang abang fariz sudah mampu menggerakkan anggota tubuhnya termasuk kaki, tetapi ia masih belum bisa berjalan. Jadi perlu sedikit latihan deh.
Naaaaaaaaaaaah. Buat kalian nih, ini suatu pelajaran kan? Mau gak kalian kayak gitu? Tentunya gak mau kan? Nah, banyak-banyak lah makan sayur-sayuran, dan buah-buahan terutama pisang. Pisang mengandung kalium yang sangat bagus, apalagi pisang ambon. Kalau makan, jangan milih-milih yang enak dilidah doang! Tapi harusnya tuh yang enak buat tubuh kalian. :D

1 comments:

Unknown said...

thx SBila buat infonya... sngat brmanfaaT..

Post a Comment

 

✩biℓa's Template by Ipietoon Blogger Template | Theme edited by Sabila Adinta Bidari