3.11.14

Jerawat!???? & how to deal with it

Created by Sabila Adinta Bidari at 12:42 PM

Hellawww genks


Jadi gini. Kali ini gue mau berbagi pengalaman dalam menghadapi musuh terbesarnya para ABG, yaitu : JERAWAT.

Speaking about Jerawat, gue udah bisa dibilang mayan berpengalaman lah sama si kunyuk yang satu ini :') Makanya itu gue mau share pengalaman gue dalam menghadapi mereka para jerawat-jerawat terkutuk yang merusak kebahagiaan hidup--YAKAGALA lebay bet.

So here we go.

First of all, gue cerita dulu nih tentang kasus-kasus tidak menyenangkan yang disebabkan oleh para jerawat. Jadi gue ini dulunya semasa SMP, tergolong anak imut & canci yang mukanya bersih kinclong without any pimples. Hidup gua semasa SMP bahagia terus dah sumpah. Tapi begitu gue nginjekin kaki di SMA, semuanya seketika berubah 360 derajat.
ini salah 1 foto waktu gue mulai jerawatan banyak. TAPIII, ini pas belom "parah" loh... (karna foto pas jerawat gue lagi parah banget itu sangat jelek dan menjijikan jadi gue gamau ngeshare)
Ngg, sebenernya SMP ya udah jerawatan juga. Tapi palingan cuma atu dua biji doang yang muncul, terus dibiarin juga ilang. Tapi pas SMA, bermula dari gue salah makan sesuatu, muka gue berubah jadi kayak monster. Tapi tetep unyu lah hwehew. Ya pokonya muka gue banjir jerawat deh, disana sini ada jerawat dan itu annoying abis. Merah-merah gitu, dan jerawatnya yang ber-isi gituuu. Sampe tiap wudhu aja rasanya deg deg an banget kalo mo ngebasuh air ke muka :( Ih ngeselin bat dah apalagi begitu jerawat itu sembuh, selalu ninggalin BEKAS. Sumpah ngeselin rese abis sumpahdah!!! Muka gue jadi gak semulus dulu lagiii, gara-gara bekas jerawatnya itu jadi lobang-lobang gajetot gituuu hiks.
Gue gatau gue alergi apaan, yang jelas kata Dokter--setelah gue periksa--ternyata Jerawat gue itu jadi terproduksi dalam jumlah besar karena terpicu oleh reaksi alergi. Nah si Bu Dokter ini, namanya Dr Ningrum, nyuruh gue test alergi ke lab tapi gue malesnya nauzubillah hehehe, abisnya kalo mo test alergi harus minimal 2 minggu tanpa minum obat apapun dulu gitu. entah obat flu atau pusing. Tapi berhubung waktu itu gue lagi ada problem sama paru-paru dan wajib minum obat, gue jadi gatau gimana caranya mau test alergi.


I gotta very sensitive face skin in short.

Lanjyuuut. Langsung ajadeh gausah gue ceritain lagi kali yah kronologis gue struggling dengan those annoying pimples, langsung aja nih tips & tricks yang harus kalian lakuin dalam menghadapi jerawat. Dan ini insyaa Allah manjur ya karna aku telah melakukannya dalam jangka waktu mayan lama..


1. Sabun Muka

Kalo bisa jangan pake sabun muka yang ada scrub nya karena itu terlalu strong terutama buat kita yang masih ABG, soalnya kulit muka kita masih termasuk baby dan sangat sangat sensitif, sayang kalo udah dikasih zat zat kimia yang keras. Nanti takutnya jadi kebal, trus kalo pake suatu zat kimia yang biasa-biasa aja malah ga ngeffect lagi.
Saran dari gue nih, beli sabun muka clean & clear yang apasih tuh ya namanya, pokoknya itu cuma gel tanpa scrub, tempatnya warna oren tutupnya biru dongker. Sekarang sih udah ada macem-macem variant nya, ada yang ijo ada yang kuning ada yang pink.. tapi semua tutupnya biru dongker. pokoknya yang itu lah lo semua kan pasti suka nonton tipi sih yekali gatau akh. Kenapa gue recommend clean & clear? Karena itu soft banget, cocok lah buat kulit kita yang masih unyu-unyu.
Bersihin muka maksimal 2 kali aja sehari, jangan lebih dari 2 kali karena takutnya lapisan kulit kita terkikis teruss, nanti jadi semakin tipisss dan gampang iritasi. Pake aja sabun muka ketika lo ngerasa muka lo kotor karena abis dari luar rumah. Kalo gue sih biasanya pagi-pagi bangun tidur gak pake sabun, cuma basuh air aja. Tapi pulang sekolah atau abis dari luar rumah dalam waktu lama gue cuci muka, dan sebelum tidur cuci muka lagi. Ohiya, sebelum bersihin muka cuci tangan dulu pake sabun, keringin tangan, lalu basuh dulu wajah lo pake air hangat. Gak pake air hangat juga gapapasih, trus baru deh cuci muka lo, usap pelan-pelan aja gausah pake nafsu. Ratakan, trus bilas sampe bersih pake air dingin atau air biasa. Jangan pake air hangat lagi karena nanti pori-porinya jadi makin besar. Air hangat itu untuk membuka pori-pori, dan air dingin untuk nutup.

2. Masker Wajah
gue suka rutin ngelakuin hal ini nih; jadi pertama tuh gue bersihin muka pake sabun muka. terus gue uapin muka gue pake uap air panas selama 5 menit an lah sampe basah mukanya. diemin sampe kering, abis itu gue scrub muka gue pake gula dicampur madu. pelan pelan ajaaa.. itu tujuannya buat ngangkat kulit-kulit mati sama kotoran yang numpuk dimuka. abis itu diemin dulu 10 menit an, trus bilas lagi pake air anget. udah gitu lap pake tissue--jangan pake handuk karna handuk itu kasar--baru deh lumurin wajah pake masker. Terserah lo mo pake masker wajah yang gimana. tapi sebenernya gaperlu beli masker yang ada di toko-toko gitu sih. Cukup pake yang alami-alami aja, yang murah meriah dan udah pasti ada dirumah.
Banyak yang bisa kita gunain buat masker wajah. kalo gue sih, biasanya itu pake Madu, putih telor, lemon atau kalo lagi miskin ya jeruk nipis, oat meal, yogurt. untuk kasiatnya, coba kalian search di google aja yah heheh. yang jelas gue suka pake ituuuu. Btw, kasiatnya jeruk nipis itu kan bagus buat jerawat. jadi kadang kalo misalnya gue maskeran pake yogurt, ya gue kasih beberapa tetes jeruk nipis yogurtnya, baru deh dipakein ke muka.. gitu-gitu deh. pake aja itu masker ya sekitar 15 menit, sampe muka terasa kaku. trus bilas deh pake air dingin.. trus abis itu muka gue gue kompres pake es batuu. hehehe. trus biarin aja biar kering sendiri, jangan di lap. kalo mau lap ya pake tissue.. selesaaai dechh. lakuin hal ini maksimal 2 kali seminggu.
Nah selain itu, Gue saranin banget lo harus rajin pake masker/penutup muka setiap keluar rumah yang daerah banyak kendaraan bermotornya, kalo lagi naik motor, atau ke tempat yang panasss. Tapi kalo cuma pengen kerumah tetangga sebentar ya gausah pake masker juge lah.

3. Obat Minum
 Nah untuk yang satu ini, pertama, gue saranin lo rajin-rajin minum jamu DARSI. Tenang aja itu bukan cairan dan gak pait sama sekali. Cari aja diapotik suka ada, tapi mahal soalnya kalo diapotik itu kapsul. kira-kira 20-30ribu an kali diapotik, gue lupa soalnya gapernah beli diapotik. gue biasanya nyari ditoko kosmetik dipasar tradisional atau ditukang jamu dipinggir jalan gitu lah suka ada kok. kalo yang biasa gue beli, bentuknya bulet-bulet kecil gitu kaya permen telor cicak, isi 150 butir harga 12ribu-an. minumnya itu 5pil sekali minum, dan sehari 2 kali. ya 1 kali sehari juga gapapa kok ga dosa. jadi DARSI ini tujuannya buat membuang darah kotor, baik juga diminum kalo lagi datang bulan nih.
Kedua, gue saranin kalo jerawat lo lagi panen dan bener-bener banyak dan parah dan gatel dan yaaah pokonya gitulah, lo ke apotik beli obat namanya Clindamycin. Clindamycin ini antibiotik yang biasanya sih terkandung diobat-obat jerawat oles, tapi Clindamycin yang gue maksud ini berbentuk kapsul dan diminum. Inget, ini antibiotik. jadi sekali lo minum ini, harus habis satu lempeng obat. kalo ada 9 ya abisin semuanya dalam waktu 9 hari. minum Clindamycin cukup 1 hari sekali. Lo gaperlu takut ini obat macem-macem yang bakalan membahayakan, gak kok. kalo masih bingung dan masih takut, silahkan cari tentang Clindamycin di google. gue tau Clindamycin ini dari Dokter gue Dr Ningrum, karena waktu itu jerawat gue tuh numpuk gitu dan jadi gede bat kayak bisul. dan bener-bener ampuh, langsung kempes. walau tetep harus dibantu obat jerawat oles.

4. Rambut
Heitttt, rambut juga bisa jadi penyebab utama jerawat muncul loh. Kita juga harus memperhatikan kebersihan rambutt. Usahakan rambut lo ga sering-sering nyentuh daerah muka, jadi ya dikuncir gitu tapi yang paling utama ya harus sering jepit poni lo. karena kalo rambut kotor, bakterinya itu bisa nempel dimuka kita terutama kalo lagi keringetan, dan akhirnya jadi gampang muncul jerawat deh. Tapi kalo lo lagi pengen hang out cantik sama temen-temen dan pengen tampil cantik mah ya gapapalah lo pake poni dan urai rambut lo. Tapi kalo lagi dirumah tuhh, kan gak ada yang ngeliatin lo sih selain keluarga lo. cepol aje tuh rambut dan jepit aja tuh poni. Btw sering-sering bawa sapu tangan atau tissue ya kalo lagi disekolah atau lagi diluar rumah, jadi kalo keringetan bisa cepet-cepet di lap. terus kalo mo bobo, rambutnya dikuncir yahh sama poninya dijepit pake jepit yang cuma kaitan  tipis itu doang loh tau kannn. beli aja di abang-abang paling 2000 dapet segepok. Ohya pas nguncir rambut pas tidur, jangan kenceng2. soalnya gak sehat buat si rambut kalo tidur dikuncir. pokoknya yang penting rambut lo itu lo naik ke atas bantal supaya gak ngenain wajah/leher.


Hmm udah sih kayanya itu aja ritual-ritual yang sering gue lakuin wkwkwk. Tapi inget, obat dari semua penyakit itu ya adalah banyak-banyak mengkonsumsi air putih, sayur-sayuran, dan buah-buahan dan disertai dengan olahraga rutin. jadi yaaaa... jangan terlalu cuma memperhatikan kesehatan wajah aja tapi gak memperhatikan kesehatan tubuh yaa! gue saranin lo harus lebih memperhatikan apa yang tubuh lo konsumsi, dibanding apa yang lo harus sering lakuin demi mempercantik wajah. Pokoknyaaa jangan terlalu memperhatikan wajah doang dibanding kesehatan tubuh sendiri. oke??????



babaaaaay

11 comments:

Tsania said...

makasih sis sangat bermanfaat. Kalo clindamycin itu butuh resep dokter ga ya? makasih sebelumnya

Unknown said...

aku minum darsi baru 3hari jerawatku malah keluar semua :'(

Unknown said...

Aku juga dulu jerawatan parah kok malah nyaris bopengan gt. Tenang aja itu lagi masa-masa puber asalkan sering jaga kebersihan (jgn megang muka, banyak minum air putih), rutin pake jeruk nipis dicampur lidah buaya atau bengkoang min.2 kali sehari biar cepet dibawa tidur. Good luck! :)

Unknown said...

Sama nih :'( lanjut ngga say minumnya ?

Unknown said...

mantab tipsnya, memang tidak baik ya, pakai scrub sabunnya, apalagi masih umur muda, tapi banyak yang nyaranin agar tidak menggunakan air hangat untuk cuci muka, katanya nanti pori2nya malah besar2, gimana itu

salam
Sabun Amoorea

Anonymous said...

thanks for info dear :)

http://mpokergm.com/v/447496717

Yuli said...

Permisi mbak sya kepengen ngasih tau sama mbak kalau foto wajah mbak di salah gunakan untuk kepentingan komersial oleh orang yg tak bertanggungjwab mbak.. mbak dibilang salah satu konsumen pengguna HN cream .. foto mbak sudah disalah gunakan lebih baik foto mbak dikasi watermark supaya gak dicolong orang ..

Gas zone said...

Coba mba tambah artikel menarik seperti cara menghilangkan jerawat dan bekasnya

Anonymous said...

Saya juga minum darsi nih udh 16 hari.. jerawat yg udh pernah tumbuh udh mulai mengecil (TAPI MENGHITAM), and tumbuh yg baru deh 1-2.

Unknown said...

Aq mau coba dec... tpi dengan info yg kakak kazih blh kan

Yeyen Supriatna said...

Terima ksh ya

Post a Comment

 

✩biℓa's Template by Ipietoon Blogger Template | Theme edited by Sabila Adinta Bidari