14.9.13

Tips untuk yang mau pergi berobat

Created by Sabila Adinta Bidari at 1:48 PM
14.09.13

HELLO


Jadi gini.

Karna belakangan ini aku bolak balik ke Rumah Sakit terus dan berhadapan sama berbagai macam Dokter, aku jadi mengerti tentang beberapa hal yang harus kita pahami tentang dunia kesehatan. Karna, gak semua orang paham akan hal ini, dan biasanya orang-orang awam akan malah menuju ke jalan yang salah(?) yaaa, serius deh!

Ingat, Dokter itu manusia biasa, yang gak luput dari kesalahan. Jadi, semua Dokter pasti pernah melakukan kesalahan diagnosa.

Nah, maka dari itu, berikut ini aku mau nge-share hal-hal yang harus kita lakuin dan ketahui ketika pergi untuk berobat.


1). Jangan Terpaku Pada Satu Orang Dokter

Ketika punya keluhan sakit, apa aja itu, dan udah hampir seminggu ga ilang-ilang (dan malah cenderung makin menjadi-jadi) segera pergi ke klinik terdekat atau boleh juga langsung ke RS. Ingat, kalo kamu pergi ke klinik biasanya Dokter yang akan menangani adalah "Dokter Penyakit Umum" biasanya, Dokter umum akan mendiagnosis suatu penyakit secara global.

Jadi, kalo misalnya keluhannya adalah sakit Perut, lebih baik pergi ke "Dokter Penyakit Dalam" karna dia adalah ahlinya Penyakit Dalam. Kalau keluhannya tulang, pergilah ke "Dokter Ahli Tulang" Dan kalau keluhannya sesak nafas, pergilah ke "Dokter Paru" dan begitu juga untuk keluhan-keluhan yang lainnya. Sebenernya sih, gakpapa kok kalo ditanganin sama Dr Umum doang, tapi ingat. dia mendiagnosis suatu penyakit secara global. Karna dia bukan seorang Dokter ahli yang khusus untuk menangani 'satu penyakit'.

Terkadang, ada beberapa Dokter yang (maaf-maaf aja nih ya, bukannya ngejelek-jelekin nama Dokter. Ini cuma untuk berbagi aja) cenderung sok sok an bisa nanganin penyakit yang diderita oleh si pasien dengan seorang diri. Padahal, dia bukan ahli dari penyakit tersebut. Jadi, dia gak ngerujuk si pasien buat pergi ke Dokter Ahli nya. Bisa jadi karna dia emang ngerasa sok pinter,  atau karna dia gamau keilangan pasien karna you know what lah, uang. Padahal, seharusnya semua Dokter itu saling merangkul dan bekerja sama. Harusnya jika ada pasien yang menderita Asma tapi berobatnya ke Dokter Umum, alangkah baiknya kalau Dokter Umum itu merujuk si pasien buat pergi ke Dokter Paru.

Contohnya gini aja:


Nina punya keluhan sakit perut, lalu ia pergi ke klinik terdekat. Disana, ia ditangani oleh Dokter Umum. Lalu setelah menceritakan keluhan-keluhannya, Dokter Umum masih belom bisa mengetahui apa yang  nyebabin Nina sakit perut.


Apa hal yang seharusnya Nina lakuin?

biasanya, kalo setelah mendengar keluhan pasien dan setelah memeriksa kondisi pasien tapi si Dokter masih belom bisa nemuin titik permasalahannya, dia akan menyuruh si pasien untuk melakukan USG perut supaya bisa mengetahui apa yang terjadi dengan perut si pasien. Kalau keluhannya tulang, biasanya Dokter akan segera menyuruh pasien untuk rontgen.

Ini adalah langkah yang tepat.
Tapi akan lebih baik jika setelah mengetahui bahwa Dokter Umum itu gak bisa membaca penyakit kita, lebih baik langsung pergi ke ahlinya (Dr. Penyakit dalam) untuk mencari tahu titik permasalahan dengan lebih tepat.


2). Jangan Dengan Gampangnya Percaya Dengan Satu Diagnosis dari Satu Orang Dokter

Misalnya gini. Kita udah pergi ke Dokter Ahli penyakit yang kita alami. Kita kembali lagi ke contoh di atas, si Nina. Misalnya si Nina pergi ke RS buat nemuin si Dr PD dan setelah disuruh sama si Dr buat USG blablabla dan sebagainya sampai akhirnya dijatuhkan satu kesimpulan bahwa Nina punya penyakit Pankreatitis (waduh serem amat contohnya). Jangan langsung yakin betul sama diagnosa itu Dokter! Alangkah baiknya untuk pergi ke Rumah Sakit lain buat ketemu Dr yang lain, dan kalo bisa pilihlah satu Dokter yang memang bener-bener udah ahli dalam penyakit itu.

Misalnya, Dr PD di RS A ada 4 orang. Tanya aja sama perawatnya, dari 4 orang Dokter itu, Dokter mana yang emang udah "pro". Ada beberapa perawat yang gak mau ngasih tau dan cuma bilang "ah, sama aja kok semuanya..." tapi kadang ada juga yang bakal ngasih tau. Kalo dia gamau kasih tau, ya rayu ajaa ampe dikasih tau.

Atau kalau bisa, langsung aja cari (misal) Dokter Spesialis Penyakit Dalam yang emang khusus menangani satu penyakit. Misalnya tuh, si Nina, langsung pergi kerumah sakit lain buat ketemu sama Dr. Sp.Pd penyakit Pankreatitis. Gitu..... Nah, kalau emang si Dokter ke 2 juga mendiagnosa hal yang sama dengan vonis si Dokter pertama, maka kemungkinan besar memang benar penyakit itu yang kita idap.

ngerti kaaaaaaaaaaan???

3). Jangan Panik, Bersikap Biasa Saja dan Cobalah untuk Tenang

Banyak orang-orang yang ketika sadar bahwa dirinya sakit, atau ketika emang udah dijatuhin vonis kena penyakit A, langsung panik. Ingat, kalau panik, mo seberapa cerdas diri kalian, itu ga bakal berguna karna kalah sama si rasa panik. Selain itu, ketika seseorang panik, maka ia tidak akan bisa berpikir dengan jernih. Makanya, usahakan tetap bersikap tenang dan jangan panik. Kalau kalian panik, pasti bakal nurut-nurut aja sama omongan si Dokter (sekalipun diagnosa si Dokter salah) trus ujung-ujungnya jadi salah langkah untuk melakukan pengobatan dan akhirnya malah jadi memperburuk keadaan!

4). Selalu Positive Thinking (Optimis)

Ketika sudah pergi ke beberapa Dokter Spesialis dan ternyata vonis mereka tentang penyakit yang kita idap itu memang sama dan benar, jangan nge down dan pessimist. kita harus selalu optimis buat sembuh! Karna gaada gunanya kita bersedih-sedih terus, yang ada malah semakin memperburuk keadaan. Kalian tau ga? batin dan perasaan itu juga berpengaruh loh terhadap penyakit yang lagi kita idap. Kalau secara batin aja kita tersiksa, apalagi secara fisik! makanya, usahakan buat gak down (yah pasti down dan sedih sih, I ever felt this jadi aku ngerti banget) jangan rahasiakan tentang penyakit ini, terbuka lah pada sahabat kalian buat ringanin beban dihati. dan pastinya sahabat kalian itu akan selalu ngebantu kamu sebisa dia, dan juga bakal nyemangatin kamu terus. trust me, it really works.

Percaya lah bahwa semua penyakit itu pasti ada obatnya. Dan percaya lah bahwa Tuhan akan selalu memberikan yang terbaik buat kita. Apapun itu.

we know what we wants, but God knows what we need, and what's better for us.

Teruslah berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa untuk segalanya yang terbaik :)


Nahh, sudah cukup jelas belom tips-tips yang aku kasih diatas? hehehe sok pinter banget ya aku? Tapi menurutku, memang ke 4 hal itu lah yang harus kita ketahui dan lakukan ketika hendak/sedang berobat.


Goodluck & Get well soon yaaaaaaa kaliann!! ^^

0 comments:

Post a Comment

 

✩biℓa's Template by Ipietoon Blogger Template | Theme edited by Sabila Adinta Bidari